MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Manusia adalah makhluk hidup yang terdiri dari jiwa dan fisik yang secara biologis tergolong dalam 2 gender yaitu wanita dan pria.Manusia terdiri dari sel-sel yang berkaitan untuk membentuk suatu fungsi tertentu, menjadi jaringan.

Jaringan ini membentuk suatu fungsi-fungsi yang membentuk lagi organ-organ dalam tubuh kita ,organ-organ tersebut mempunyai fungsinya masing-masing dan membentuk sistem organ dan pada akhirnya inilah yang disebut Manusia.

Lain lagi dalam ilmu sosial,manusia sering disebut Mahluk Sosial yang artinya adalah individu yang tidak dapat berdiri sendiri.

Dalam ilmu Ekonomi manusia disebut Homo economicus.Ilmu politik manusia dianggap mahluk yang ingin memiliki kekuasaan.Sedangkan dalam Filsafat manusia yang berbudaya disebut homo-humanus.

Pada umumnya hakekat manusia adalah :

1.Mahluk ciptaan Tuhan yang memiliki tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.

2.Mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna,dibanding mahluk hidup lainnya yang ada didunia.

3.Mahluk hayati yang budayawi disebut juga Biokultural.

4.Mahluk ciptaan Tuhan yang melekat kepada alam yang dimana manusia mampu mengelolah sumber daya alam dengan kemampuaanya.

 

Kebudayaan menurut antropolog terkemuka yaitu Melville J.Herkovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa Cultural determinism adalah segala sesuatu yang terdapat didalam masyarakat ditentukan oleh adanya kebudayaan yang dimiliki masyarakat tersebut.

Herkovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang superorganic. Dikarenakan kebudayaan yang dimiliki masyarakat tersebut terus lestari dari generasi ke generasi.

Kebudayaan dalam bahasa sansekerta adalah budhayah yang berati budi atau akal.dalam bahasa latin ialah colere yang berartikan mengelolah tanah.

Jadi pengertiaan Kebudayaan secara umum adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh akal budi(pikiran) manusia yang bertujuan untuk mengolah tanah atau tempat tinggalnya serta untuk berusaha mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Kebudayaan itu sendiri sangatlah kompleks yang mencangkup pengetahuan,kepercayan,kesenian,moral,hukum,adat istiadat,kemampuan dan keahlian yang beraneka ragam didalam masyarakat.

 

Apa saja kaitan manusia dangan kebudayaan??

Secara sederhana manusia adalah prilaku kebudayaan sedangkan kebudayaan itu sendiri adalah objek dari manusia.Dalam sosiologi manusia dan kebudayaan disebut dwitunggal yang berarti kesatuan yang sangat sulit dipisahkan.karena kebudayaan adalah bagian dari karakter masyarat itu sendiri dan saling nerkaitan satu dengan lainnya.

Referensi:Nugroho, W. 1996. Ilmu Budaya Dasar. Universitas Gunadarma Jakarta.

 

Tinggalkan komentar